BAHAYA PENUAAN DINI AKIBAT DARI POLUSI

Kita harus tau terlebih dahulu arti dari polluaging merupakan proses atau tanda-tanda penuaan dini yang terjadi akibat polusi. Meskipun umumnya sinar UVA dan UVB dari matahari lebih dikenal sebagai penyebab utama penuaan dini, ternyata polusi juga menjadi salah satu faktor yang berkontribusi besar dalam proses penuaan kulit.

Polusi yang dimaksud tidak hanya karena matahari melainkan juga Polusi di sini berarti asap yang dikeluarkan oleh kendaraan bermotor, asap pabrik, asap pembakaran, debu, dan kotoran. Berdasarkan Journal of Investigative Dermatology, ditemukan bahwa polusi mengandung polycylic aromatic hydrocarcons yang dapat memicu produksi radikal bebas saat bersentuhan dengan kulit. Radikal bebas ini akan menyerang dan merusak sel-sel kulit yang sehat. Saat sel kulit rusak dan terganggu, skin barrierpun akan melemah sehingga menyebabkan kulit sensitif dan rentan akan iritasi. Kombinasi ‘serangan’ dari radikal bebas, paparan polusi yang membuat kulit kusam, dan menyumbat pori-pori inilah yang akan berujung pada timbulnya tanda-tanda penuaan dini.

 

Langkah-Langkah untuk Menghindari Bahaya Polluaging

 

1. Membersihkan Wajah secara Rutin

Langkah pertama untuk mencegah Polluaging, Memastikan bahwa kulit kamu bersih dari polutan agar polusi tersebut tidak memiliki kesempatan untuk menyerap sel-sel kulit yang sehat. Hayo, siapa yang masih belum mempraktikan double cleanse untuk mengangkat makeup dan membersihkan wajah setiap harinya? Jangan khawatir ya, karena kini kamu bisa menggunakan Micellar Water dari Azarine Cosmetic yang 3 in 1 praktis bisa sebagai toner, cleanser, dan make up remover

2. Perhatikan Kandungan dari Skin Care  
Memilih skin care juga tidak boleh sembarangan ya? Ingredients juga perlu untuk diperhatikan. Polusi cenderung menyebabkan inflamasi dan iritasi terjadi pada kulit, oleh karena itu perhatikan lagi skin care yang kamu gunakan. Beberapa orang kini semakin banyak yang memilih skin care dengan bijak menggunakan bahan natural untuk membantu melawan polluaging karena memiliki efek menenangkan inflamasi (anti-inflamasi) dan umumnya tidak menyebabkan iritasi pada kulit. Namun, tetap cermati detail ingredient dan kredibilitas brand itu sendiri, ya!

3. Memperkuat Kulit dengan Anti-Oksidan 

Bahan dengan fungsi anti Oksidan ini ternyata sangat penting loh ? Musuh utama dari radikal bebas adalah anti-oksidan yang dapat menangkal bahayanya sekaligus membantu merawat kulit. Jika kamu ingin menghindari Polluaging, kamu dapat melawannya dengan memperkuat kulit menggunakan skin care yang kaya akan anti-oksidan. Umumnya, anti-oksidan kerap ditemukan dalam kandungan dari ekstrak buah maupun bahan natural seperti jeruk, apel, anggur, pepaya, atau ginseng dan daun teh hijau.

4. Rutin Menggunakan Face Mist 

Selain melembapkan dan menghidrasi kulit, face mist juga kerap mengandung banyak anti-oksidan yang dapat memperkuat kulit kamu sehari-hari.

5. Rutin Menggunakan Pelembab

Pilihlah pelembab yang cocok untuk perawatan anti aging atau penuaan dini dengan memilih bahan yang alami. Pakai pelembab yang kaya akan vitamin C seperti serum Cwhite dengan ekstrak kakadu plum dan lemon untuk menutrisi kulit.