CARA MERAWAT RAMBUT YANG MUDAH UNTUK WANITA BERHIJAB

1. MENYISIR RAMBUT SEBELUM MANDI

Sisir rambut kamu untuk meluruskan kembali rambut yang kusut. Langkah ini terlihat sepele namun penting dilakukan karena kamu biasanya menata rambut kamu dalam ikat kuda atau sanggulan, dan ini sering meremas rambut. Menyisir rambut sebelum mandi adalah langkah awal yang baik untuk menghindari rambut rontok.

2. GUNAKAN SAMPO SESUAI DENGAN TIPE RAMBUT

Rambut berhijab biasanya cenderung berminyak atau lembab atau lepek jadi kamu harus menggunakan sampo khusus untuk kulit sensitive akan menyeimbangkan kondisi kulit kepala kamu dan mencegah ketombe  hadir, yang dapat memicu rambut rontok. Dan yang perlu diingat jangan keramas setiap hari setidaknya 2 hari sekali.

3. GUNAKAN TREATMENT ATAU MASKER RAMBUT

Selain menggunakan sampo rambut kamu juga perlu menutrisi rambutmu dengan melakukan treatment atau masker rambut agar rambutmu ternutrisi vitamin. Seminggu sekali, duduk di bawah paparan matahari pagi tanpa berhijab dan pijat-pijat kepala kamu selama 10 menit. Sinar matahari pagi mengandung vitamin D yang akan dicerna oleh tubuh untuk mendorong kesehatan rambut dan kulit kepala. Alternatifnya, oleskan masker rambut kaya vitamin dua-tiga kali seminggu. Krim, vitamin, dan beberapa pijatan lembut akan membantu rambut kamu tumbuh lebih baik. Kamu bisa menggunakan Hair Spa Treatment dengan ekstrak Aloevera atau Apricot yang sesuai dengan tipe rambutmu.

4. JANGAN MENGUNCIR RAMBUT SAAT BASAH

Setelah keramas jangan sampai langsung diikat atau langsung memakai jilbab Karena rambut kamu masih basah yang bisa mengakibatkan rambut lebih sensitive dan rentan akan kerusakan serta menimbulkan masalah  baru yaitu ketombe. Kamu bisa menggunakan alternative dengan mengeringkan rambut menggunakan pengering rambut dengan suhu yang sedang , tidak terlalu panas.

5. GERAI RAMBUT SAAT DI RUMAH

Saat di rumah atau waktu istirahat kamu bisa memanfaatkan waktumu untuk menggerai rambutmu agar bisa bernafas. Kamu juga bisa menyisir rambutmu agar halus dan pijit pelan-pelan untuk melancarkan sirkulasi darah.

6. POTONG RAMBUT

Cobalah untuk memangkas rambut secara teratur (setiap 4-6 minggu sekali sangat dianjurkan) untuk menyingkirkan ujung-ujung yang kering dan bercabang. Jadi, jangan mengabaikan rambut kamu dan pastikan untuk memotongnya secara teratur untuk membiarkannya tetap tumbuh dengan sehat.

7. PILIH BAHAN HIJAB YANG BAGUS

Jika memungkinkan, cobalah untuk memakai serat alami yang ringan. Bahan alami yang lembut pada rambut kamu dan akan memungkinkan rambut kamu untuk bernapas lebih baik. Kain chiffon atau katun, misalnya. Hijab katun akan memberikan lebih bayak udara ke kulit kepala sambil sekaligus tetap menjaga rambut Anda tertutup.

8. MAKAN MAKANAN YANG KAYA ASAM AMINO DAN PROTEIN

Rambut rusak juga bisa menandakan kesehatan tubuh yang tidak optimal. Pastikan kamu menjalani pola makan seimbang dengan makan makanan sehat setiap hari, terutamasumber makanan kaya vitamin dan zat besi, seperti salmon, kenari, telur, dan bayam. Nutrisi yang kamu ambil dalam setiap hari membantu untuk membentengi dan memelihara setiap helai rambut. Kamu  juga dapat menggunakan suplemen vitamin yang akan membantu meningkatkan pertumbuhan rambut sehat.