KAMU MAU TRAVELING? LAKUKAN PERSIAPAN INI !

 

1. Rencanakan minimal 3 bulan sebelum liburan dengan Tujuan dan lama liburan

Selama tiga bulan sebelum hari H, manfaatkan waktu untuk mencari tahu kemana Anda akan pergi. Akan lebih baik jika diskusi ini dilakukan bersama keluarga. Usahakan untuk mencari tahu informasi dari dua sisi. Maksudnya adalah bukan hanya keindahan yang menjadi pertimbangan utama. Tapi juga faktor-faktor alam yang kemungkinan terjadi. Seperti apakah tempat tersebut rawan longsor, akses jalan dan juga akomodasi.

 

2. Pantau harga tiket  

Jika Anda berencana pergi menggunakan transportasi umum seperti pesawat dan juga kereta api, pantau harga tiket atau jika perlu booking segera. Biasanya harga tiket akan mengalami kelonjakan atau justru Sold Out jika Anda memesan secara mendadak .

3. Cari Informasi Penginapan

Informasi penginapan ini dapat Anda peroleh melalui website atau juga teman. Cek Review hotel sebelum Anda booking, Apakah fasilitas sesuai standart.

Beberapa kesalahan saat memilih penginapan adalah kesalahan mengatur jadwal. Jangan sampai impian untuk langsung segera istirahat saat baru tiba, lenyap begitu saja setelah Anda datang terlalu awal sebelum jadwal check in.

Kesalahan ke dua yang mungkin terjadi adalah karena kurang teliti. Jika Anda membaca ulasan hotel yang mengatakan berlokasi di pusat kota, usahakan untuk mengeceknya secara pribadi. Anda bisa mengeceknya di google map dan melihat apakah hotel benar-benar dekat dengan berbagai fasilitas atau tidak.

Kesalahan ke tiga adalah teriming-iming oleh “low price” dan diskon. Banyak wisatawan yang langsung saja memesan hotel pada saat melihat ada potongan harga. Tapi bisa jadi di hotel lain yang memiliki fasilitas kurang lebih sama mempunyai harga yang lebih murah. So, di amati dulu ya semua. 

4. Mengatur Budged

Well, jika tempat wisata sudah dipilih dan akomodasi sudah fix, saatnya untuk mengatur keuangan.  Lebih baik untuk membawa uang cadangan. Karena biasanya, selama berwisata kita akan tergiur membeli pernak-pernik atau sekedar membeli makanan kecil. Tips ke dua adalah bawa uang cash aja ya. Hal ini akan memudahkan Anda melakukan transaksi di daerah yang kemungkinan tidak menyediakan transaksi kredit. 

5. Menyusun Itenary

Hal ini wajib dilakukan jika ingin waktu liburan Anda lebih efektif. Atur jadwal jam berapa dan kemana saja Anda akan berkunjung. Dengan mengatur schedule, Anda akan terbebas dari kemungkinan pindah tidur saja.

6. Hafalkan lokasi rumah sakit atau pihak keamanan terdekat

kita semua tidak pernah berharap hal buruk akan terjadi. Tapi alangkah baiknya kalau kita mempersiapkan semuanya dengan matang. Contoh kecil adalah dengan mengingat lokasi rumah sakit atau kantor polisi terdekat. Jadi, jika mungkin ada luka kecil atau membutuhkan bantuan Anda langsung tahu kemana Anda harus pergi.

7. Jaga Kesehatan

Perjalanan panjang dan melelahkan bisa membuat Anda tidak fit setelah sampai di tujuan. Padahal, Anda masih harus mendaki, berenang atau berbelanja. Untuk menghalau hal tersebut terjadi , jaga kesehatan dengan baik. Perbanyak minum air putih dan juga fitamin. Hati-hati saat makan makanan baru, pun jika itu menggiurkan dan terlihat unik, tanya dulu komposisinya. Siapa tahu Anda punya alergi dan atau membuat Anda sakit perut. Siapkan selalu cairan pencuci tangan. Lebih bersih lebih sehat kan? 

8. Makin ramai makin asik

Jalan-jalan sendirian memang menyenangkan. Namun untuk menghemat budget, tak ada salahnya lho jika kamu liburan bareng yang lain. Misalnya nih, kamu berencana untuk menyewa mobil seharga Rp500 ribu. Jika kamu pergi berlima, kamu hanya perlu mengeluarkan Rp100 ribu saja. Lebih hemat kan jadinya? Selain bisa menjadi teman untuk berbagi biaya, liburan dengan orang-orang terdekat seperti keluarga atau sahabat pastinya akan terasa lebih seru dan menyenangkan.

9. Kunjungi Pameran Wisata

Saat ini banyak tour and travel yang menawarkan paket liburan, jadi tidak ada salahnya jika para calon traveller untuk berkunjung ke pameran tour and travel tersebut agar bisa membantu pula menyiapkan rencana liburan. Meningkatnya kebutuhan masyarakat akan liburan membuat agen wisata berlomba-lomba menyediakan paket jalan-jalan dengan berbagai pilihan biaya. Di ajang pameran ini bisa anda manfaatkan untuk mendapatkan info paket wisata terbaik.