Strategi Mewujudkan Revolusi Di Tahun Baru 2018

 

1. Evaluasi resolusi anda ditahun yang lalu

Langkah pertama ini penting, agar kamu mengetahui hal apa saja yang harus dilakukan dan dihindari dalam menentukan resolusi selanjutnya. Tujuannya agar pemicu kegagalan revolusi anda ditahun sebelumnya tidak terulang kembali.

 

2. Membuat resolusi yang spesifik

Setelah mengevaluasi resolusi kamu ditahun sebelumnya, langkah selanjutnya adalah membuat resolusi di tahun baru secara spesifik.

Mengapa spesifik?

Karena jika target resolusi kamu abstrak atau rancu, pastilah pencapaiannya juga tidak maksimal karena sulit menentukan titik keberhasilannya.

Buatlah resolusi anda menjadi lebih spesifik dan ketahuilah dengan baik mengapa kamu menginginkan hal tersebut. Kejelasan dalam menentukan goal akan membantu kamu untuk fokus dalam mengejar keinginan-keinginan tersebut.

 

 

 

3. Menuliskan resolusi anda

Langkah ini mungkin terkesan simpel, namun dapat berpengaruh besar pada proses pencapaian resolusi kamu. Tulislah resolusi anda dalam sebuah kertas dan tempelkan pada tempat-tempat yang sering kamu lewati atau buku dairy/ noted untuk menulis semua target pencapaianmu di tahun 2018. kamu juga bisa pajang semua target pencapaian maupun cita-citamu di kamar dengan membuat tempelan kertas yang bisa terlihat jelas di kamar.

 

4. Membuat target

Dengan adanya target yang ingin kamu capai, otomatis kamu pun lebih termotivasi dalam mencapai resolusi.

Buatlah target perantara setiap beberapa bulan. Hal ini berfungsi untuk mengontrol agar kemajuan resolusi kamu stabil dan tidak dikebut menjelang akhir tahun (yang pada akhirnya hanya akan membuat kamu semakin malas untuk mulai melakukannya)

 

5. Komitmen

Setelah melaksanakan langkah-langkah sebelumnya, kini waktunya bagi kamu untuk berkomitmen menjalankan semua resolusi yang ingin kamu capai agar berhasil.

Kamu  mungkin akan gagal ketika pertama mencoba. Namun jangan menyerah dan tetap berkomitmen untuk mewujudkan resolusi kamu hingga berhasil.

 

6. Dukungan orang sekitar 

Support dari orang lain atau bisa disebut dengan motivasi sekunder ini biasanya sangat berpengaruh pada saat proses mencapai tujuan.

Kamu juga bisa meminta kerabat terdekat untuk menjadi pengawas resolusi kamu. Beritahu mereka mengenai resolusi kamu, dan minta bantuan mereka untuk mengingatkan kamu kalau sedang ‘khilaf’ atau memuji kamu jika telah mencapai target tertentu  

 

7.  Catat keberhasilan

Jika suatu resolusi kamu telah berhasil, kini giliran kamu untuk mencatat keberhasilan tersebut. Hal ini sebagai motivasi  untuk mewujudkan revolusi-revolusi kamu yang belum tercapai.

 

8. Beri hadiah untuk diri sendiri

Jika kamu berhasil melaksanakan resolusi-resolusi tersebut, tidak ada salahnya untuk memberikan hadiah untuk diri sendiri sebagai penghargaan atas tercapainya resolusi yang telah kamu buat.